Cari
  • Deocon Indonesia

Metode Aplikasi S-Base 07 Soil Stabilizer

Diperbarui: 12 Des 2018

S-Base 07 berfungsi untuk memadatkan tanah dengan mengikat partikel-partikel tanah antara satu dengan yang lainnya dengan proses “ionisasi” yang menghasilkan peningkatan nilai CBR (California Bearing Ratio) hingga 3X lipat dari nilai awal dan menurunkan Index Plastisitas tanah hingga 50% dari nilai awal sehingga tingkat kelicinan tanah saat terkena air berkurang.


Proses Pemadatan Jalan Dengan Menggunakan Compactor Vibro
  1. S-Base 07, 1 Drum (200 Liter/200 Kg) dapat diaplikasi untuk tanah atau jalan dengan luas 2.000 M2 atau dengan Panjang 1 KM Lebar 2 M Ketebalan15 CM.

  2. Isi tanki air dengan air bersih (air yang tidak terkontaminasi limbah, air keruh tidak menjadi masalah asalkan tidak terkontaminasi limbah industri atau bahan kimia lainnya).

  3. Tambahkan cairan S-Base 07 ke dalam tanki air yang sudah disiapkan (terlebih dahulu di campur hingga merata sebelum dituangkan ke dalam tangki air).

  4. Tandai area yang akan diolah S-Base 07.

  5. Bongkar Lapisan Permukaan tanah (Motor Grader with Ripper) hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.

  6. Gemburkan permukaan tanah dengan mengunakan Scraper / Ripper / Rotavator / Rotary Tillers

  7. Siramkan campuran S-Base 07 ke tanah, ulangi proses hingga Optimum Moisture Content (OMC) tanah tercapai.

  8. Setelah OMC tercapai, aduk tanah sampai merata campuran tersebut dengan menggunakan Motor Grader / Rotavator / Rotary Tillers.

  9. Gunakan Motor Grader untuk memindahkan tanah yang diolah kedua sisi area. Ulangi proses hingga ketebalan yang diinginkan tercapai. Sekaligus dilakukan sambil pembentukan badan jalan atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan (levelling dan kontur)

  10. Padatkan dengan Compactor 2-3 kali tanpa menggunakan Vibro. Pemdatan awal ini adalah untuk membentuk badan jalan.

  11. Padatkan kembali dengan menggunakan Vibro hingga tanah terlihat kering dan keras. Pemadatam dengan vibrasi akan mengeluarkan kandungan air di dalam tanah untuk mempercepat proses pengeringan.

  12. Biarkan tanah mengering dengan bantuan sinar cahaya matahari, maksimal 1X24 Jam. Jika setelah tanah sudah kering, dapat langsung digunakan. Lalu lintas yang lewat di permukaan tersebut akan membantu proses pemadatan dan “curing” dari tanah tersebut.

Kebutuhan Alat & Teknik Aplikasi S-Base 07 Soil Stabilizer

Catatan:

  • Setelah proses aplikasi S-Base 07, biasanya akan timbul “retak rambut” di permukaan yang disebabkan oleh air yang terperangkap di bawah permukaan akan keluar ke permukaan sehingga mendorong permukaan yang sudah rapat oleh pemadatan dan menimbulkan “retak rambut” tersebut.

  • Jika timbul “retak rambut”, akan hilang dengan sendirinya seiiring dengan waktu jika sering dilewati dan tidak diperlukan pengerjaan tambahan. Jika diperlukan dapat di Vibro untuk menghilangkan “retak rambut” tersebut dan mempercepat proses konsolidasi tanah.

#deoconindonesia #soilstabilizer #soilstabilization #perkerasanjalantanah #stabilisasijalan #perkebunansawit #perkebunan #dustcontrol #dustsuppression #perawatanjalanperkebunan #professional #friendly #reliableservice #asimplesolution #roadtoglobal #construction #perusahaankonstruksi #indonesia #aplikasiperkersanjalan #teknikaplikasi #metodeaplikasiperkerasanjalan

183 tampilan

© 2012-2020 Deocon Indonesia. All Rights Reserved.

  • Facebook - Black Circle
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle