© 2012-2019 Deocon Indonesia. All Rights Reserved.

  • Facebook - Black Circle
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

S-Sealant 09 Dust Control & Dust Suppression

S-Sealant 09 adalah produk mutakhir yang dihasilkan dari pengembangan dan riset untuk meningkatkan kualitas jalan yang hemat biaya. S-Sealant 09 dapat dipakai:

  • Sebagai pelapis atas dari suatu Base Jalan

  • Sebagai stabilisasi lengkap Base Jalan

  • Atau dikombinasikan dengan S-Base 07 untuk membangun jalan lapisan atas yang kuat dan tahan segala cuaca.

Infrastruktur yang baik sangat dibutuhkan oleh kegiatan apapun, termasuk dalam proses penambangan. Kegiatan ini butuh sarana vital berupa jalan tambang untuk konektivitas dan pengangkutan barang tambang. Untuk itu diperlukan perencanaan pengerasan jalan tambang pada area penting untuk menghubungkan perkantoran, crushing plant, pengolahan bahan galian, perumahan karyawan dan wilayah lainnya.

Pada dasarnya perencanaan jalan tambang dan pembuatannya hampir sama dengan jalan lainnya, hanya saja berbeda pada bagian permukaan jalan atau road surface yang tidak mengandung unsur beton atau aspal seperti di jalan kota. Tujuannya agar jalan tanah bisa dilewati oleh alat-alat berat dan peralatan mekanis yang menggunakan crawler track seperti excavator, bulldozer, crawler rock drill (CRD), track loader dan lainnya.

Perkerasan jalan tambang ditujukan untuk meningkatkan daya dukung tanah agar bisa menopang kendaraan dengan di atasnya. Jenis kendaraan pun beragam berdasarkan perlakuan dan material yang digunakan. Faktor pengaruhnya berupa kepadatan lalu lintas, mekanis bahan, sifat fisik tanah dan daya dukung tanah itu sendiri. Salah satu hal terpenting adalah penggunaan material perkerasan jalan tambang yang mendukung. Material perkerasan yang dimaksud merupakan material yang digunakan untuk melapisi permukaan sub grade.

Bagi perusahaan pertambangan, akses jalan menjadi sangat penting. Jalan tambang berfungsi sebagai penghubung lokasi-lokasi penting, antara lain lokasi tambang dengan area crushing plant, pengolahan bahan galian, perkantoran, perumahan karyawan dan tempat-tempat lain di wilayah penambangan. Fungsi utama jalan tambang secara umum adalah untuk menunjang kelancaran operasi penambangan terutama dalam kegiatan pengangkutan. Medan berat yang terdapat disepanjang rute jalan tambang harus diatasi dan belum lagi terganggunya visibilitas akibat debu.

Debu yang dihasilkan dari aktifitas kegiatan pertambangan baik yang bersumber dari area stokpile, haul road atau pit area, dapat diminimalisir dengan melakukan pengendalian debu. Metodenya penyiraman S-Sealant 09 yang sudah dicampur dengan air, akan mampu mengikat partikel debu menjadi lebih berat sehingga tidak mudah terbawa oleh angin dan meningkatkan agregat permukaan tanah yang telah diaplikasi. Dengan penyiraman S-Sealant 09 akan mampu mengurangi jalan yang berdebu dan efektif menggantikan cara konvensional yang hanya dilakukan dengan penyiraman air saja dan ini dilakukan berulang-ulang 1 hari bisa sampai 3-8 kali penyiraman, dengan menggunakan S-Sealant 09 mampu menghemat waktu penyiraman air. Tahapan awal penyiraman S-Sealant 09 dilakukan 3 kali penyiraman saja dalam 3 hari (untuk perawatan lanjutan cukup 1 kali dalam waktu 1 bulan atau lebih). S-Sealant 09 berbahan dasar polimer yang dapat mengikat partikel-partikel debu dan menambah berat partikel terikat tersebut sehingga sangat efektif untuk mengurangi pembentukan debu pada tanah yang tidak di aspal. S-Sealant 09 dapat juga mengikat struktur tanah dan membentuk lapisan yang stabil pada permukaan jalan. Kekuatan tarik atau tensile strength tanah yang terikat dapat meningkat.

S-Sealant 09 menjadi solusi yang sangat tepat dan murah dalam mengatasi masalah visibilitas, masalah kesehatan, bahkan membantu perusahaan dalam menghemat biaya perawatan jalan.